Rabu, 26 November 2014

Makalah tentang Migrain



MIGRAIN
[Type the document subtitle]


11/27/2014
HERLINAH
user




KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr.Wb.

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini membahas mengenai Organisasi Pergerakan Nasional.

            Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami.

            Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.


Wassalamualaikum Wr.Wb.





DAFTAR ISI

JUDUL                                                                                                           1
KATA PENGANTAR                                                                                    2
DAFTAR ISI                                                                                                  3
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang                                                                                         4
1.2  Rumusan Masalah                                                                                    4
1.3  Tujuan                                                                                                      4

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Migrain                                                                                   5
2.2 Rasa nyeri pada migrain                                                                           5
2.3 Gejala Migrain                                                                                          5
2.4 Penderita Migrain                                                                                     7
2.5 Jenis Migrain                                                                                            7
2.6 Pengobatan Migrain                                                                                 7
2.7 Pemcegahan Migrain                                                                               8
            BAB III PENUTUP
KESIMPULAN                                                                                              9

 SARAN                                                                                                         9













BAB I PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Deskripsi pertama kali mengenai sakit kepala diperkirakan sekitar 3000 tahun Sebelum Masehi (SM) yaitu nyeri yang sangat parah, mual, gejala gangguan penglihatan, dan fisik yang melemah akibat migrain. Hippocrates yang sering disebut “Bapak Pengobatan” dia adalah orang yang pertama kali menggambarkan aura visual yang mengikuti penderita sakit kepala sekitar 300 tahun Sebelum Masehi (SM) dan kemungkinan dia juga orang yang pertama kali menggambarkan faktor pemicu yang mempercepat serangan migrain.
Asal kata “migraine” berasal dari kata hemicrania, separuh dari kepala atau otak dan pertama kali digunakan pada abad 2 oleh Galenus dari Pergamon.
Migrain adalah satu penyakit neurologis yang hasil akhirnya tidak begitu menyenangkan berkaitan dengan genetik, neurobiologi, emosi, dan lingkungan. Migrain dapat menyebabkan muntah, mengalami diare, lelah dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Semua ini hanya gejala tambahan dari nyeri berdenyut di kepala yang sangat berat.

1.2  RUMUSAN MASALAH
a.       Pengertian migrain?
b.      Rasa nyeri pada migrain diakibatkan oleh apa?
c.       Migrain menyebabkan apa?
d.      Siapa saja yang terkena migrain?
e.       Jenis migrain?
f.       Pengobatan dari migrain?
g.      Pencegahan dari migrain?

1.3  TUJUAN
a.       Sebagai pemenuhan tugas SMK Kesehatan pelajaran Farmakologi
b.      Untuk memperluas wawasan pengetahuan tentang migrain











BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Migrain

Asal kata “migraine” berasal dari kata hemicrania, separuh dari kepala atau otak dan pertama kali digunakan pada abad 2 oleh Galenus dari Pergamon.
Migrain adalah satu penyakit neurologis yang hasil akhirnya tidak begitu menyenangkan berkaitan dengan genetik, neurobiologi, emosi, dan lingkungan. Migrain dapat menyebabkan muntah, mengalami diare, lelah dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Semua ini hanya gejala tambahan dari nyeri berdenyut di kepala yang sangat berat.

2.2 Rasa nyeri pada migrain

Menurut sejarah, rasa nyeri pada migrain akibat dari ekspansi pembuluh darah besar (vasodilation/vasodilati) yang memberikan suplai pada otak. Ekspansi itu kemudian mendorong terjadinya peregangan serat saraf yang menempel pada pembuluh darah dan menimbulkan persepsi nyeri. Pengobatan dengan kontriksi atau mempersempit aksi ekspansi pembuluh darah tersebut.

2.3 Gejala migrain

Banyak penderita migrain mengalami sakit pada leher, kulit kepala yang melunak, muka bengkak, rasa nyeri pada wajah, rasa disobek, dan menetesnya cairan dari hidung.
Migrain adalah salah satu tipe dari channelopathy. Kondisi channelopathy akan membuat neuron tidak stabil dan rentan terhadap aktivitas spontan/disfungsi.Jika kondisi tak berfungsi itu tampak pada permukaan otak dan secara perlahan gelombang otak akan bergerak dan menyebar ke berbagai bagian otak. Fenomena ini disebut dengan penyebaran depresi pada selaput otak.
Reseptor yang paling penting dalam penyebaran migrain adalah reseptor serotonin/ 5 hydroxytryptamine (5-HT) terdapat dalam pembuluh darah dan tepat berada di bagian akhir ujung saraf trigeminal. Obat terbaru untuk menyembuhkan migrain adalah triptans, secara spesifik akan menyertai reseptor 5- HT yang akan mendorong persempitan dari pembuluh darah.
Menurut sejarah, sakit kepala hanya terjadi sesekali jika terjadi terlalu sering disebut penyakit paroxysmal atau penyakit yang datang tiba-tiba yaitu suatu kondisi yang terjadi secara berselang.
Sampai saat ini belum diketahui apayang menyebabkan migrain. Namun secara umum, banyak faktor yang terkumpu dan memicu serangan migrain. Faktor-faktor itu disebut triggers atau pemicu kemumgkinan berasal dari stress, berhubungan dengan makanan, hormonal, dan lingkungan.
Gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan migrain adalah tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol atau diabetes, anemia, HIV, infeksi atau gagal ginjal kronis.
Dan kemumgkinan mengalami sakit kepala setelah operasi bypass jantung atau jenis lain dari operasi jantung/paru-paru.
Beberapa penyakit neurologis yang diikiti oleh sakit kepala:
1.      Sakit kepala setelah gegar otak
2.      Tumor
3.      Sakit kepala cervicogenic: sakit kepala akibat dari arthritis, trauma pada leher, atau kejang otot.
4.      Malformasi arteriovenosa: Pembuluh darah pada otak yang mungkin tidak ormal sejak bayi.
5.      Aneurisme serebral: Proses terbalik ringan dari sebuah pembuluh darah dalam otak. Gejalanya hilangnya kesadaran.
6.      Epilepsi: kejang yang seringkali diikuti sakit kepala, mengalami kejang, dan akan menghilang dengan sendirinys atau dengan obat analgesik dosis rendah.
7.      Postoperatively following brain surgery, masa setelah operasi bagian otak.
8.      Sakit kepala pada masa pascainfeksi.
9.      Pseudotumor cerebri disebut hipertensi intrakranial jinak.


2.4 Penderita Migrain

Diperkirakan sekitar 28 juta warga Amerika mengalami migrain. Banyak penelitian yang sudah dilakukan di Amerika Serikat dan seluruh dunia mengenai prevalensi migrain. Namun prevalensi itu beragam tergantung ras dan lokasi geografisnya.
Warga Amerika keturunan Asia memiliki prevalensi migrain paling rendah, kemudian diikuti oleh warga Amerika keturunan Afrika. Prevalensi tertinggi pada keturunan Kaukasia termasuk Hispanik.
Di Amerika Serikat, migrain adalah penyakit yang sangan lazin dan tampak sekitar 18% hingga 20% pada wanita sedangkan 6% hingga 8% pada pria atau sekita 13% pada seluruh orang dewasa diperkirakan satu dari lima wanita mengalami migrain.
Usia juga berpengaruh terhadap prevalensi migrain pada wanuta cenderung meningkat mulai dari usia pubertas hingga usia 45 tahun ke atas dan akan menurun secara bertahap setelah monopause.

2.5 Jenis Migrain

Tipe migrain paling umum adalah migrain tanpa aura. Diikuti oleh gejala-gejala seperti mual dan muntah, serta keinginan untuk tidur di sebuah kamar yang gelap.
Sakit kepala berbeda dengan migrain. Jika sakit kepala hanya mengalami sakit kepala saja sedangkan migrain diikuti oleh mual atau muntah. Sebagian besar migrain memiliki gejala peringatan, atau sebelum konstelasi gejala sebelum terjadinya sakit kepala. Gejala itu bisa terjadi dari lesu, lelah, muka pucat, menguap, dan juga semakin sensitif terhadap cahaya dan agak mual.

2.6 Pengobatan Migrain

Obat ringan analgesik digunakan untuk meringankan rasa sakit. contoh obatnya: Paracetamol dan aspirin. Obat NSAIDS untuk efek anti radang dan menghilangkan rasa sakit. Contoh obaatnya Naproxen sodium, ibu profen. Anti nauseant digunakan untuk meringankan mual dan nyeri akibat migrain. Contoh metaclopramide.

2.7 Pencegahan migrain

Pencegahan migrain dengan cara: tidur yang teratur, rajin berolahraga, hindari minuman yang beralkohol, makan-makanan yang sehat, hindari stress karena stress adalah musuh terbesar dari migrain.
























BAB III PENUTUP

KESIMPULAN
            Migrain adalah penyakit sakit kepala sangat lazim di semua orang. Orang dewasa maupun anak-anak. Penyebab migrain sampai sekarang belum diketahui secara jelas. Migrain pertama kali ditemui sekitar 3000 tahun Sebelum Masehi(SM).

SARAN
Kenali penyakit anda mulai dari sekarang, jika memang anda merasa ada keganjalan di setiap tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar